Friday, February 10, 2017

[DASAR EDITING] EDITING ITU MUDAH



EDITING ITU MUDAH



Mengedit video sekarang semakin mudah. Peralatan editing semakin sederhana. Dengan smartphone siapapun sudah bisa mengedit video. Beberapa aplikasi video editing yang bisa di download pada ponsel smartphone antara lain :  VivaVideo, AndroVid. VideoEditor, VidTrim, VideoMovie dll.
Dengan aplikasi gratis VivaVideo misalnya, kita bisa melakukan editing visual mulai dengan mengimpor gambar, memotong, memberi efek transisi, memberi judul dan tulisan, serta memberi musik.
Video yang diedit bisa diperoleh dengan merekam menggunakan smartphone secara vertikal, selanjutnya, clip-clip hasil rekaman itu kita impor ke VivaVideo dan kita edit. Mudah bukan, Silahkan mencoba.
Selain di smartphone, bagi pemula juga bisa mencoba mengedit menggunakan komputer maupun laptop.  Pada sistem windows sudah tersedia aplikasi Windows Movie Maker, tapi belum diperkaya efek efek.
Untuk yang lebih profesional beragam software editing bisa kita gunakan. Tetapi sebelum digunakan kita harus menginstall terlebih dahulu software editing, oleh karena itu dibutuhkan spek komputer atau laptop yang sesuai, misalkan RAM dan memori komputer yang cukup.
Beragam software editing profesional itu adalah :
-          Adobe Premiere Pro (CS 3, CS 5, CS 6, CC)
-          Avid Media Composer
-          Final Cut (Khusus Mac)
-          Quantel
-          Ulead Video
-          Magix Video
-          Vegas
-          Velocity
-          Canopus Edius
-          Cyberlink PowerDirector
Software editing profesional diatas biasa digunakan oleh para editor pekerja film dan stasiun televisi. Beberapa software mengalami update seperti Adobe Premiere Pro kini sudah tingkatan terkini Adobe Premiere Pro CC.
Bagaimana cara mengoperasikannya kita akan bahas di bab berikutnya.



SEJARAH EDITING
Sebelum membahas cara mengoperasikan software editing, kita ulas sejarah singkat editing. Pada saat Lumiere bersaudara asal  Perancis  mulai membuat film tahun 1895, Editing belum menjadi bagian dari proses  pembuatan film. Karena pada saat itu film- film Lumiere hanya terdiri dari satu buah  shot (single shot) dengan panjang durasi yang sama dengan kejadian sesungguhnya (real time).
Georges Melies adalah orang Perancis Pertama yang membuat film dengan melalui proses editing. Editing yang dilakukannya masih sangat sederhana. Film pertamanya yang menggambarkan perjalanan orang ke bulan (a trip to the moon) tahun 1902 hanya menggunakan editing untuk kesinambungan bercerita (cutting to continuity). Melies melakukan editing untuk menyambung tiap-tiap adegan yang hanya terdiri dari satu shot untuk tiap adegannya.
Dalam film The Life of American Fireman, Edwin S. Porter tahun 1903 membuat 20 rangkaian shot menjadi satu rangkaian cerita. Film ini sangat sederhana, seorang pemadam kebakaran membantu menyelamatkan seorang ibu dan anak yang terjebak di dalam sebuah gedung yang terbakar. Dengan durasi 6 menit, Porter memperlihatkan adegan menjadi sebuah rangkaian dramatis penyelamatan kedua orang itu.
Film The Jazz Singer yang disutradarai oleh Alan Crosland dibuat pada tahun 1927 merupakan film hitam putih pertama yang menyajikan secara lengkap musik, dialog dan nyanyian. Artinya film tersebut melewati proses editing dengan perpaduan antara gambar dan suara.
Latihan soal :
1.       Sebutkan aplikasi editing pada smartphone?
2.       Bagaimana cara mengoperasikan VivaVideo
3.       Aplikasi editing apa yang sudah ada di komputer windows?
4.       Sebutkan software editing profesional?
5.       Sebelum menggunakan software editing profesional apa yang harus dilakukan terlebih dahulu pada komputer kita?
6.       Agar software editing dapat diinstal, spek komputer yang harus diperhatikan meliputi?
7.       Ceritakan secara ringkas sejarah editing
8.       Sebutkan tokoh tokoh editing dunia
9.       Film pertama yang menggunakan editing adalah film karya siapa dan apa judulnya serta tahun berapa?
10.   Film pertama yang melewati proses editing dengan perpaduan antara gambar dan suara berjudul? Sutradara siapa? Tahun berapa?

No comments:

Post a Comment