Tuesday, February 7, 2017

{DASAR EDITING} SMOTH TRANSITION



SMOTH TRANSITION

Transisi merupakan efek yang digunakan untuk menyambung diantara dua visual. Ada beragam transisi bisa menjadi pilihan para editor seperti dissolve, zoom, wipe, dsb.
Di adobe Premiere Pro CC, transisi tak sekedar efek perpindahan atau menyambung dua gambar, tetapi sudah menjadi seni editing yang menarik. Bahkan kini banyak plugin transisi yang bisa di download dari internet.

foto by chung dha

CHUNG DHA SMOTH ZOOM TRANSITION
Sebagai contoh, kita akan menggunakan Smoth transition Zoom Out dari plugin Chung Dha, seperti yang digunakan youtuber Sam Kolder.
Sebelum memberi efek transisi ini, download dulu presetnya, bisa dicari di google cari : smoth transition ChungDha Preset.
Setelah didownload, buka effet, pilih preset, selanjutnya klik kanan, impor hasil download tadi.
Visual yang akan diberi transisi sebaiknya ukuran 1080P. 
Lalu siapkan dua visual di timeline, 1 visual srbaiknya medium closeup, satu lagi longshoot visual. Transisi yang akan kita pakai adalah Zoom out.
Transisi yang ada bukan kita letakkan di tengah dua visual, tetapi kita buat dulu adjustment layer dan kita letakkan di atas dua visual tadi tepat pada pemotongan, 10 frame ke kiri dan 11 frame ke kanan.
Setelah itu kita ke efek CHUNG DHA PRESETS drag efek smoth transition zoom out.
Untuk memperhalus, visual asli kita yang ada di bawah adjustment layer kita potong dengan razor tool, lalu drag efect smoth transition tile.
Hasilnya akan terlihat halus.
Cara yang sama bisa kita gunakan untuk transisi lainnya seperti zomm in, smooth transition L to R atau R to L.
Transisi semakin tampak dramatis apabila ditambahkan audio efect.

TANPA ADJUSTMENT LAYER
Cara membuat smoth transisi juga bisa lebih simple tanpa menggunakan adjustment layer. Yaitu terlebh dahulu kita potong 10 frame dan 11 frame diantara dua video.
Setelah itu drag transisi chung dha zoom out pada video pertama dan efek zoom in pada video kedua. Lalu pada pengaturan efek control, atur shutter angle dari 100 menjadi 160 dan.
Jika kita play, maka akan tampak transisi zoom in zoom out yang smoth, hasilnya seperti dibawah ini.

No comments:

Post a Comment