Tuesday, February 7, 2017

{DASAR EDITING} SMOTH SLOWMOTION



SMOTH SLOWMOTION

Dalam adobe premiere pro CC visual slowmotion dapat dibuat lebih smoth dengan gerakan lebih halus.
Selama ini visual dengan 24fps jika di slowmotion dengan pengaturan speed duration saja maka hasilnya akan kurang bagus, pecah dan patah-patah.
Untuk membuat smoth slowmotion tanpa plugin,  buat new sequence dulu, caranya pilih new item, klik sequence, pilih preset yang 24fps, misalnya DSLR 108p24. Tetapi di bagian setting, timebasenya diganti menjadi 60fps.
Kemudian setelah visual berada di timeline, klik kanan pada visual, dan pilih time interpolation dan rubah ke optical flow.  Maka garis timeline menjadi merah artinya perlu dirender (bukan dengan enter) dengan cara pilih menu sequence, pilih render effect in to out. Setelah selesai garis timeline menjadi hijau, lalu kita ekspor.
File yang baru kita  ekspor kita impor lagi dengan terlebih dahulu dibuat sequence baru dengan setting  kembali 24 fps. Sebelum masuk ke timeline, klik kanan pada video, pilih modify, lalu klik interpreet footage. Setelah itu muncul jendela “modify mode” klik asume this frame rate menjadi 24 fps klik ok.
Selanjutnya pindahkan gambar tadi ke timeline. Maka jadilah visual kita menjadi smoth slowmotion

TWIXTOR
foto by twixtor
Merupakan efect smoth slowmotion plugin, yang bisa digunakan di adobe premiere pro CC, Twixtor didapat dari download di internet. Video dengan frame per second di atas 60fps sangat baik untuk di smoth slowmotion hingga 1% (ultra slowmotion)  atau 3-5% (super slowmotion) dengan memakai efect  twixtor.


Tahapannya : drag efect twixtor pro ke visual yang akan di slowmotion, tentukan mulai dari mana visual akan di smoth slowmotionkan.
Pada pengaturan effect control,  speed biarkan 100% lalu klik togle animation  di sebelah kiri tulisan speed untuk menandakan visual yang mulai di smoth slowmotion, kemudian maju satu frame ganti menjadi 3% , otomatis video durasi memendek dan perlu dipanjangkan durasinya, kemudian tentukan akhir slowmotion lalu klik add/Remove keyframe di sebelah kanan tulisan speed kemudian kembalikan menjadi 100%.
Seperti cara diatas, masih bisa kita rubah untuk pilihan smoth slowmotion 1%, 5%, 10%,30%, atau sesuai kebutuhan.

No comments:

Post a Comment