Tuesday, February 7, 2017

{DASAR EDITING} VIDEO CINEMATIC & COLOR GRADING



VIDEO CINEMATIC DENGAN COLOR GRADING

Video yang biasa-biasa saja atau flat dapat kita jadikan seperti cinematic. Tujuannya untuk membuat nyaman mata penonton. Dengan melakukan color grading maka video yang kita edit dapat memberi kesan dingin, maupun kesan hangat. Jadi color grading sebenarnya adalah stylizing tampilan video kita.

foto by agung hapsah
Ada banyak plugin color grading bisa kita gunakan di adobe premiere pro CC, ada yang gratis ada juga yang bayar dengan mencarinya di internet. Tapi ga usah khawatir karena kita bisa juga melakukan color grading tanpa plugin atau menggunakan efek yang sudah disediakan di adobe premiere pro CC. Untuk pemula kita bisa menggunakan pengaturan efek RGB Curve, atau lumetri pada color corection.
Seperti biasa, kita awali mengedit color grading dengan membuat adjustment layer terlebih dahulu.
Setelah itu gunakan efek color correction kemudian pilih Lumetri color. Drag lumetri color ke adjustment layer.
Pada pengaturan effect control, banyak pilihan pengaturan untuk color grading sesuai selera anda. Yang paling sering digunakan adalah lumetri color. Beberapa pengaturan lainnya bisa kita coba coba seperti basic correction, highligth, shawdow, white, black.
Cara lain dalam efek color correction, kita bisa pilih RGB Curves.

OPTICAL/LENS FLARE
Cari gambar optical flare di internet. Kalau bisa warna dasarnya hitam, kalau tidak hitam kita rubah di adobe photoshop menjadi hitam. Simpan format dari photoshop menjadi psd. Tarik ke adobe premiere klik ok. Setelah itu taruh di timeline.
Agar warna hitam hilang, atur opacity, ubah blend mode dari normal menjadi linear dodge atau add, lalu ubah positionnya.. setelah itu optical/lens flare sudah bisa digunakan.







No comments:

Post a Comment